Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajaran Baru 2020, UI Tetap Terapkan Sistem Online

Kompas.com - 08/09/2020, 20:37 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) masih akan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring (online) di semester baru yang akan dimulai 14 September 2020. Sistem PJJ ini telah dijalankan UI sejak Maret 2020, sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Sekretaris UI, Agustin Kusumayati menyatakan metode PJJ tetap diutamakan dan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru. Sedangkan kegiatan yang sifatnya dalam bentuk praktikum, seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, belum bisa diselenggarakan.

Baca juga: THE World University Rankings 2021: UI Kampus Terbaik di Indonesia

"Pelaksanaan kegiatan praktik masih menunggu perkembangan wabah Covid-19 dan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, kegiatan praktik dilaksanakan setelah terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi COVID-19," kata Agustus dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Dia menegaskan, bagi mahasiswa baru angkatan 2020, kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) akan berlangsung secara virtual sejak tanggal 7 - 11 September 2020.

Pembukaan kegiatan PKKMB dapat diakses pada laman http://bit.ly/PembukaanPKKMBUI2020.

Rektor UI, Ari Kuncoro menyampaikan kata selama datang dan bergabung bagi mahasiswa baru di kampus yang menjadi impian anak-anak Indonesia. Salah satu harapan kalian semua sudah terwujud.

"Bukan hanya dengan tekad dan keyakinan, tetapi anda sudah membuktikan usaha dan upaya yang kuat dan benar. Kami harap mimpi anda jangan berhenti sampai masuk UI saja, melainkan anda harus mempersiapkan diri untuk bisa menjadi SDM yang unggul dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa," jelas Ari.

Ari berpesan, semua mahasiswa harus memiliki optimisme yang menyala. Karena, di tangan kalian semua Indonesia telah dijanjikan kemajuan.

"UI akan mendukung, menguatkan, mendampingi perjalanan studi kalian semua, baik mewujudkan impian kalian sebagai individu ataupun menjadi bagian dari kemajuan negeri. Selamat berkiprah dalam bidang keilmuan kalian," terang Ari.

Mahasiswa baru tempuh tantangan saat pandemi Covid-19

Sementara Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Rosari Saleh menegaskan, mahasiswa baru kali ini sangat hebat, karena bisa menempuh segala rintangan dan tantangan untuk bisa lulus dan menjadi mahasiswa baru UI di saat pandemi Covid-19 melanda dunia.

"Pada jiwa kalian sudah bertumpu banyak harapan untuk Indonesia lebih baik di masa mendatang. Bukan hanya generasi cerdas, tetapi juga bernurani," kata Rosari.

Bagi mahasiswa UI yang telah menuntaskan perkuliahannya, Rosari menambahkan, telah dapat mendaftarkan diri pada kegiatan Wisuda Online UI 2020. Pelaksanaan wisuda akan dilakukan secara daring pada 16 - 17 Oktober 2020.

Baca juga: Lumpur Lapindo Jadi Batu Bata Ramah Lingkungan oleh Mahasiswa FT UI

"Pendaftaran wisuda dilakukan mulai 3 - 15 September 2020, secara daring pada laman ui.id/wisuda," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com