Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

THE World University Rankings 2021: UI Kampus Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 08/09/2020, 07:45 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2021.

Dalam THE WUR 2021, sebanyak 9 (sembilan) perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia.

Sebanyak 1.500 Perguruan Tinggi di 93 negara di dunia yang masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2021.

Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) berada dalam kelompok peringkat 801 – 1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Baca juga: 9 Kampus Terbaik Indonesia Versi THE World University Rankings 2021

Selain UI, Unpad bersama dengan Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, IPB University, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Telkom, berada di peringkat 1000+ dalam peringkat yang disusun organisasi berbasis di Inggris tersebut.

Rektor UI Ari Kuncoro menuturkan bahwa prestasi ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

"Di tengah situasi yang tidak mudah saat ini sebagai dampak dari pandemi Covid-19, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat. Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri," paparnya seperti dilansir dari laman UI.

Baca juga: 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud Nadiem di Tahun 2021

Pencapaian ini, lanjut dia, bukan milik UI saja melainkan juga prestasi bangsa bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah diakui oleh dunia.

Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar), Penelitian, Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas.

Performa UI yang paling menonjol adalah performa sinergi dunia industri.

THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas di dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

UI berfokus agar dapat menjadi "think tank" serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com