Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2020, 14:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang patut berbangga. Pasalnya, salah satu mahasiswa baru angkatan 2020/2021 adalah jebolan Kapten Tim Academy yang berlaga di Klasemen Enam Liga Italia.

Dia adalah pesepakbola muda asal Indonesia Emir Eranoto Dipasena. Emir memutuskan meninggalkan posisinya sebagai kapten tim dan memilih untuk kuliah S1 di Undip Prodi Sastra Inggris.

Padahal, Emir sebelumnya adalah pemain muda berbakat yang direkrut San Marco Juventina hingga dipercaya sebagai kapten tim di klub sepakbola ISM Academy.

Baca juga: Dari Ribuan Kampus, Lulusan Undip Tercepat Ketiga Dapat Pekerjaan

Diharapkan perkuat PS Undip

Tentunya, dengan hadirnya Emir di Undip diharapkan mampu memperkuat tim sepakbola Kampus Diponegoro yakni PS Undip.

"Kita berharap Emir mau memperkuat PS Undip yang juga aktif di kompetisi sepakbola nasional," ujar Wakil Rektor 1 Undip Bidang Akademik dan Kemahasiwaan, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol., Admin, P.hD., seperti dikutip dari laman Undip, Senin (7/9/2020).

Dijelaskan, Emir masuk Undip melalui jalur IUP (International Undergraduate Program). Jalur studi internasional yang cukup bergengsi yang memungkinkan mahasiswa untuk kuliah tamu di luar negeri dan mendapat rekognisi pembelajaran.

Adapun bentuknya bisa double degree, sandwich program, maupun collaborative degree sehingga yang bersangkutan bisa tetap kuliah meski berada di luar.

Menurut Prof. Budi, sejak beberapa waktu lalu Undip membuka Kelas Internasional Jalur Sarjana (S1) IUP (International Undergraduate Program).

Kelas ini dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus.

Kelas IUP juga dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional.

Emir kembali ke Indonesia karena pandemi

Sebelum kuliah di Undip, Emir yang berusia 19 tahun ini adalah pemain muda yang potensial dan sebelumnya berkiprah di Liga Italia.

Dia sudah merantau ke Negeri Pizza sejak 2018 lalu. Kemudian, Emir diboyong Tim San Marco Juventina yang bermain di kompetisi kasta keenam Liga Italia, usai tampil apik selama menjabat sebagai kapten tim ISM Academy.

Namun karena pandemi Covid-19, membuat Emir kembali ke tanah air. Hingga kini, ia belum mendapat perpanjangan kontrak.

Oleh karena itulah Emir memilih untuk untuk belajar, hingga akhirnya ia diterima sebagai mahasiswa baru di Undip.

Baca juga: Binus Buka Program RPL bagi Pekerja, Lulus Kuliah Lebih Cepat!

Padahal, dia juga sempat diterima di salah satu kampus di Italia, jurusan Modern Language and Culture, kampus itu juga ada tim sepakbola yang akan berlaga di Divisi 6 Liga Italia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com