Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Buka SPMB Sarjana Terapan di 10 Prodi

Kompas.com - 04/09/2020, 08:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejalan dengan program Kampus Merdeka yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) siap menyediakan program pendidikan vokasi (sarjana terapan) jenjang Diploma IV (D4).

Hal ini untuk menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang siap dengan dunia kerja. Tentu karena seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi saat ini.

Setidaknya, Unesa mendapat izin untuk membuka 10 program studi sarjana terapan yang diharapkan lulusan mampu survive di dunia kerja.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Prodi Sarjana Terapan merupakan bentuk transformasi dari Program D3.

Baca juga: Binus Buka Program RPL bagi Pekerja, Lulus Kuliah Lebih Cepat!

Pendidikan vokasi semacam ini menjadi menarik karena pemerintah hadir dan memberikan perhatian khusus. Nantinya, program ini akan dikemas dengan sistem multi entry multi exit.

Artinya, mahasiswa Sarjana Terapan yang menempuh kuliah semester empat, diharapkan sudah memiliki sertifikat kompetensi tertentu.

"Yang agak membedakan dengan sarjana reguler adalah lulusan ini memiliki sertifikasi-sertifikasi kompetensi yang bisa dipakai untuk bekerja di dunia industri maupun yang lain," ujar Bambang seperti dikutip dari laman Unesa, Kamis (3/9/2020).

Prosedur pendaftaran

Untuk prosedur pendaftaran, Ketua SPMB Unesa tahun 2020, Dr. Ari Wahyudi, M.Si., menjelaskan, bagi peminat Prodi Sarjana Terapan Unesa, pendaftaran akan dibuka dua gelombang.

Gelombang pertama dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran Prodi Sarjana, sementara gelombang kedua dilaksanakan setelah adanya pengumuman TMUBK pada 3 September 2020.

Gelombang I

Peserta bisa memilih mendaftar melalui jalur reguler atau jalur prestasi khusus sarjana terapan sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Gelombang II

Peserta gelombang kedua, hanya bisa memilih jalur TMUBK yang dilaksanakan secara daring dengan melakukan pendaftaran pada 3-9 Agustus 2020.

10 Prodi Program Sarjana Terapan

7 Prodi ada di Fakultas Teknik (FT) meliputi:

1. D4 Teknik Listrik
2. D4 Manajemen Informatika
3. D4 Teknik Mesin
4. D4 Teknik Sipil
5. D4 Teknik Transportasi
6. D4 Tata Boga
7. D4 Tata Busana

3 Prodi lain:

8. D4 Desain Grafis di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
9. D4 Kepelatihan Olahraga di Fakultas Ilmu Olahraga (FIO)
10. D4 Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH)

Adapun kuota Prodi Sarjana Terapan sangat besar untuk diperebutkan, masing-masing prodi mendapat 40 kuota, kecuali prodi administrasi negara, yakni 90 kuota.

Baca juga: Calon Sarjana Olahraga, Ini Peluang dan Tantangan Lulus Kuliah Nanti

"Unesa selalu menunggu putra putri yang belum berhasil masuk melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN," jelas Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com