Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2020, 13:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tantangan orang tua saat ini cukup berat. Selain harus mendidik anak dengan baik, tugas orang tua kini juga mendampingi anak ikut pembelajaran daring.

Namun karena lebih banyak di rumah saat pandemi Covid-19 ini, anak lebih tergoda untuk menonton televisi atau bermain gim, atau main ponsel pintar.

Bagi anak usia dini, jika tidak diajarkan membaca maka anak akan sulit di kemudian hari. Karena itu dibutuhkan cara agar orang tua lebih mudah menumbuhkan minat baca pada anak.

Jika anak suka membaca, maka akan membuat anak lebih kaya perbendaharaan kosakata, memperlancar kemampuan berbicara, dan menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan.

Baca juga: Orangtua, Seperti Ini Pembelajaran Anak Usia Dini di Finlandia

Tak hanya itu saja, membaca juga menambah motivasi, meningkatkan kreativitas dan dengan membaca akan mempengaruhi karakter anak.

Namun sebaliknya, anak-anak yang kesehariannya hanya diisi dengan menonton televisi dan bermain gim, mereka akan berpotensi besar tumbuh menjadi anak yang manja, egois dan individualis.

Namun mengimplementasikan kegiatan positif membaca bukan perkara mudah. Selain anak cenderung lebih suka pada digitalisasi, anak juga tidak bisa dipaksa begitu saja untuk membaca buku.

Melansir laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut 5 cara efektif membuat anak usia dini gemar membaca:

1. Sediakan banyak buku bacaan

Bagi orang tua, coba sediakan banyak bahan bacaan berupa buku, majalah, komik, koran dan lain sebagainya yang relevan untuk anak.

Atau buat semacam perpustakan di rumah. Melalui hal tersebut anak telah terbiasa dekat dengan bahan bacaan dan tentunya akan mempermudah anak dalam mengakses bacaan.

2. Luangkan waktu untuk membaca

Contohkan pada anak untuk meluangkan waktu setiap harinya untuk membaca. Hal ini dapat dilakukan ketika pagi hari sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja ketika anak sedang di rumah.

Orang tua adalah figur pertama kali yang diidolakan anak. Jika idolanya gemar membaca, anak otomatis akan menirunya.

3. Bacakan buku setiap hari

Orangtua harus rajin membacakan buku pada anak setiap harinya. Membacakan buku yang memuat hal-hal dunia anak, mulai dari imajiner maupun pengetahuan lain, tentunya disesuaikan dengan umur anak.

Intinya hal-hal yang menghibur sekaligus mendidik buah hati. Membacakan buku terhadap anak dapat dilakukan setelah anak selesai belajar, atau sebelum ia tidur. Jadi, orang tua perlu menciptakan kesan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

4. Ceritakan hasil bacaannya

Orang tua perlu menambah intensitas komunikasi dengan anak dengan menceritakan hasil bacaannya. Selain bercerita, orang tua juga meminta diceritakan hasil bacaan anaknya.

Tentu suatu pengalaman menarik atau hal-hal yang dapat diteladani oleh anak. Jadi, komunikasi semacam itu akan menambah motivasi anak untuk terus menambah bacaan setiap harinya.

Baca juga: Kenali Ciri Anak Usia Dini untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

5. Ajak anak beli buku

Ketika pergi di toko buku, ajak anak untuk ikut dan beli buku. Ajarkan padanya tentang lebih berharga membelanjakan hasil tabungan untuk membeli buku, daripada membeli barang-barang lain yang tidak terlalu penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com