Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto dengan Tagar #WisudaLDR2020 Bikin Calon Wisudawan Sedih dan Sakit Hati

Kompas.com - 09/06/2020, 22:19 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Inisiasi tagar #WisudaLDR2020 yang pernah diunggah oleh jurnalis sekaligus pendiri Narasi TV, Najwa Shihab menuai tanggapan beragam dari berbagai calon wisudawan yang akan diwisuda tahun ini.. Ada rasa sedih, sakit hati, sekaligus pujian positif dari para mahasiswa

Calon wisudawan di perguruan tinggi swasta di Tangerang, Luthfi Zamzam menilai inisiasi tagar #WisudaLDR2020 di media sosial memiliki niat yang sangat bagus lantaran untuk menghibur yang "gagal" wisuda tahun ini karena pandemi Covid-19.

Ia menyebutkan dengan begitu, mereka bisa merasakan wisuda secara offline yang pernah dilakukan oleh wisudawan sebelum masa pandemi Covid-19.

"Hanya saja dengan posting foto berupa toga menurut saya pribadi cukup bikin iri dan agak sakit sih karena kita kan pengen juga gitu merasakan pakai toga dan lainnya. Saya gatau kalau orang lain merasakan hal yang sama seperti saya atau tidak," kata Lutfhi kepada Kompas.com, Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Tantangan #WisudaLDR2020, Cara Berempati pada Lulusan di Era Pandemi

Ia menyebutkan, Najwa mungkin beranggapan jika toga dan wisuda hanya panggung. Ia juga menduga jika kemampuan setelah lulus setiap wisudawan yang terpenting bagi Najwa.

"Which is good, tapi dengan campaign lainnya seperti membuat acara wisuda online yang telah direncanakan oleh Mba Nana menurut saya sangat bagus karena bisa menghibur kita semua yang dalam tanda kutip gagal wisuda," ujarnya.

Sebanyak 1.606 lulusan baru diwisuda pada Upacara Wisuda Program Sarjana dan Diploma, Rabu (19/2) di Grha Sabha Pramana UGM. Dok. UGM Sebanyak 1.606 lulusan baru diwisuda pada Upacara Wisuda Program Sarjana dan Diploma, Rabu (19/2) di Grha Sabha Pramana UGM.

Ia mengaku sedih jika harus melakukan wisuda secara online. Namun, ia tak bisa berbuat apa-apa selain menerimanya.

"Campaign-nya bagus terutama Mba Nana membuat acara merayakan wisuda online pada tanggal 14 nanti dan kebetulan saya juga ingin daftar. Namun untuk campaign posting foto toga di saat teman teman banyak yang gabisa merasakannya di tahun ini ya cukup disayangkan aja sih mas," ujarnya.

Calon wisudawan dari perguruan tinggi negeri di Solo, Maman menyatakan perasaan serupa dengan Luthfi. Ia mengatakan perasaan sedih saat melihat postingan-postingan foto dengan tagar #WisudaLDR2020.

"Foto-foto tersebut memberi kesan kepada saya bahwa kita harus tetap maju, memang dengan adanya virus corona seperti sekarang menghambat banyak hal salah satunya wisuda, campaign ini mengajarkan saya bahwa kita harus terus maju ketika ada suatu permasalahan pasti ada jalan keluar," ujar Maman kepada Kompas.com, Rabu (9/6/2020).

Baca juga: Kisah Mahasiswa Wisuda Online: Pinjam LCD Proyektor agar Ditonton Seluruh Keluarga

Di saat pandemi Covid-19 ini Maman tak ingin membuat rekan-rekannya kesulitan karena berpotensi terpapar Covid-19 jika akhirnya melaksanakan wisuda offline.

Ia hanya ingin mengerti satu sama lain saat menerima keputusan wisuda online di tengah Covid-19.

"Saya ga pengen saya bahagia tapi teman-teman saya malah sakit nantinya," ujarnya.

Media sosial di Indonesia, khususnya Instagram banyak diramaikan dengan unggahan foto wisuda disertai tagar Wisuda LDR 2020 beberapa waktu terakhir.

Diketahui, salah satu tokoh yang menginisiasi tagar ini adalah jurnalis sekaligus pendiri Narasi TV, Najwa Shihab yang mengunggah foto dirinya mengenakan toga, di Instagram pada Kamis (4/6/2020).

Sebanyak 800 mahasiswa IPB University diwisuda pada Rabu (15/1) bertempat di Gedung Grha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor. Seremonial wisuda dibuka secara langsung oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria.Dok. IPB University Sebanyak 800 mahasiswa IPB University diwisuda pada Rabu (15/1) bertempat di Gedung Grha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor. Seremonial wisuda dibuka secara langsung oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com