Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal dan Jawaban “Anak Seribu Pulau: Lampung”, Belajar dari TVRI untuk SD

Kompas.com - 08/06/2020, 21:42 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Anak Seribu Pulau episode: Lampung, untuk SD kelas 1-3 yang tayang pada pukul 08.30 – 09.00 WIB.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Berikut adalah soal dan jawaban Anak Seribu Pulau episode: Lampung pada 8 Juni 2020.

Soal 1

Apa saja kegiatan yang dilakukan anak-anak di Lampung pada tayangan “Anak Seribu Pulau” tersebut?

Jawaban:

Kegiatan yang dilakukan anak-anak di Lampung pada tayangan “Anak Seribu Pulau” adalah menyaksikan gajah yang dilatih oleh pelatih gajah.

Selain itu, anak-anak di Lampung juga bermain sepak bola bersama teman-teman dan anak-anak di sana belajar tentang gajah.

Kemudian mereka melihat dan mengamati para pelatih gajah yang melatih gajah agar bersahabat dengan manusia.

Mereka juga memelihara berbagai macam hewan, menggembalakan hewan, dan mencari makanan untuk hewan-hewan peliharaannya.

Soal 2

Mengapa Irwan sedih melihat gajah dilatih?

Jawaban:

Irwan merasa sedih karena saat gajah ditangkap kemudian ditembak dengan obat bius, diikat di pohon dan dibiarkan tanpa makanan selama seminggu, hal itu dilakukan agar gajah mau menurut untuk dibawa pulang oleh pelatih gajah.

Ia juga sedih melihat gajah dilatih agar bersahabat dengan manusia, karena pelatihan gajah bisa memakan waktu lama antara 3-6 bulan dan latihannya sangat keras. Selain itu Irwan juga sedih ketika melihat Adi si gajah kecil yang menjalani pelatihan dengan keras.

Soal 3

Bagaimana caranya agar Irwan bisa menjadi pelatih gajah?

Jawaban:

Cara agar Irwan bisa menjadi pelatih gajah adalah dia harus rajin melatih gajah dan terbiasa berinteraksi dengan para gajah. Ia juga harus belajar keras tentang gajah-gajah itu.

Belajar memberi perintah kepada gajah untuk belok kanan, belok kiri, diam dan duduk. Menurut ayah Irwan, untuk dapat menjadi pelatih gajah harus sayang pada gajah dan belajar tentang gajah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com