Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Film Edukasi “Unbaedah”, Belajar dari TVRI 27 Mei 2020

Kompas.com - 28/05/2020, 23:09 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Film Edukasi “Unbaedah”, yang tayang pada pukul 09.00 - 09.30 WIB pada 27 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Film Edukasi “Makam Kramat”, Belajar dari TVRI 26 Mei 2020

Berikut adalah rangkuman Film Edukasi “Unbaedah”:

Cerita dimulai saat Baedah pulang dari mesjid membawa 3 takjil untuk dia, suaminya dan anaknya. Sampai di rumah ia langsung membereskan takjil.

Kemudian Suaminya pulang dan Baedah meminta suaminya untuk mandi, berbuka dan berangkat taraweh untuk kemudian menghadiri tahlilan 7 hari kematian Mba Tutik.

Karena lelah, ia menolak permintaan Baedah, tambahan lagi ia juga harus ronda pada malam hari, karena minggu-minggu sebelumnya ia tidak datang.

Baedah mengatakan kalau ia tidak datang ke tahlilan Mba Tutik maka tidak akan dapat berkat. Baedah bilang memasak adalah Mira, anak Mba Tutik yang pandai memasak.

Tahlilan

Di rumah Mba Tutik, Baedah masuk dan melihat Mardiah dan Mira sedang mempersiapkan berkat yang akan dibagikan kepada orang-orang yang datang tahlilan.

Baedah diminta untuk berada di tempat tahlilan menyiapkan makanan ringan dan juga minuman.

Setelah itu Baedah ke depan menyusun berkat yang akan dibagikan. Sambil membereskan berkat yang akan dibagi, Baedah menyembunyikan 2 berkat di dalam meja. 

Setelah acara selesai Mardiyah pamit dengan Mira kemudian melihat berkat di meja habis, padahal Mardiyah dan Mira sudah membuat berkat lebih.

Kemudian Mira berencana mengecek ke dapur tetapi kata Mardiah berkat yang di belakang sudah dipindah ke depan semua, kemudian mereka bingung kenapa berkat bisa habis.

Mati lampu

Sampai di rumah Baedah mengeluarkan 3 berkat sambil marah karena lampu di meja makan sudah kedap-kedip dan meminta suaminya memperbaiki lampu.

Setelah itu Baedah membangunkan anaknya Bagas untuk makan berkat yang ia bawa. Karena mengantuk Bagas menolak dan mengatakan akan makan sekaligus sahur saja.

Baedah meminta Bagas untuk mencari Bapaknya yang sedang ronda untuk memperbaiki lampu tengah yang sudah redup, tetapi karena terlalu mengantuk Bagas melanjutkan tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com