Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal dan Jawaban Tutorial Penulisan Skenario di TVRI, 11 Mei 2020

Kompas.com - 11/05/2020, 22:56 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Tutorial Penulisan Skenario untuk Kelas SMA pada Senin 11 Mei 2020.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, skenario adalah rencana lakon sandiwara atau film berupa adegan demi adegan yang tertulis secara terperinci.

Sedangkan menurut Wikipedia, skenario, adegan layar (screenplay) atau naskah film ialah cetak biru yang ditulis untuk film atau acara televisi. Skenario dapat dihasilkan dalam bentuk olahan asli atau adaptasi dari penulisan yang sudah ada seperti hasil sastra.

Jadi skenario adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan urut-urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog. Urutan tersebut disusun dalam konteks struktur dramatik untuk menjadi acuan dalam proses produksi.

Baca juga: Lomba Penulisan Skenario Film 2014 Hasilkan 16 Skenario Terbaik

Berikut adalah jawaban untuk pertanyaan pada tayangan Tutorial Penulisan Skenario yang tayang di TVRI pada 11 Mei 2020

1. Jelaskan premis dari cuplikan film pendek tersebut!

Jawaban: Premis atau ide pokok dalam film pendek tersebut adalah hubungan antara ayah dan anak yang tidak harmonis.

2. Ceritakan turning point atau titik balik kedua dalam film tersebut!

Jawaban: Turning point ke-2 pada film pendek tersebut adalah saat Aldy meminta maaf kepada ayahnya karena meninggalkan ayahnya sendiri.

3. Peristiwa apa yang membuat klimaks dalam film tersebut?

Jawaban: Peristiwa yang membuat klimaks pada film pendek tersebut adalah saat Aldy membangunkan ayahnya yang sedang tertidur di dalam mobil untuk menunaikan sholat.

Ternyata sang ayah terlihat lemas dan tidak merespon Aldy. Akhirnya Aldy menangis karena sang ayah telah meninggal dunia.

4. Berdasarkan format film yang telah dijalaskan dalam tayangan tadi, kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60 menit, berapa halaman scenario film sebaiknya dibuat? Berikan penjelasannya!

Jawaban: Bila ingin membuat film berdurasi 60 menit, maka halaman skenario yang dibutuhkan adalah 60 halaman, karena 1 halaman skenario untuk 1 menit adegan film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com