Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2020, 03:30 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Kompas.com rubrik Edukasi menghadirkan program Belajar dari Rumah #TeredukasidariRumah berupa bincang-bincang bersama pakar dan pegiat pendidikan di akun Instagram Kompas.com.

Edisi pertama bincang-bincang Belajar dari Rumah #TeredukasidariRumah bertema "Begini Cara Mengajar Anak Digital selama WFH" pada hari Senin, 4 Mei 2020 pukul 10.00 WIB.

Narasumber yang berbagi pengalaman adalah Direktur Executive Center for Education Regulation and Development Analysis (CERDAS), Indra Charismiadji.

Penonton program pertama Live Instagram Kompas.com Belajar dari Rumah #TeredukasidariRumah terlihat antusias dan aktif bertanya.

Program ini ditonton hingga total lebih dari 4.000 akun Instagram saat live dan dilihat lebih dari 7.000 akun Instagram ketika video live diunggah ke feeds.

Dalam acara bincang-bincang, Indra mengatakan kunci dari mendidik anak di era digital adalah adanya kemauan untuk terus belajar. Orangtua diharapkan bisa memberikan contoh yang baik kepada anak agar bisa ditiru.

"Saya mengingatkan, jangan stres, merasa terbebani sekarang anak-anak belajar dari rumah. Justru kita harus tingkatkan kalau memang belajar dari rumah dan keluarga menjadi sebuah ekosistem belajar agar cerdas," kata Indra.

Baca juga: 9 Tips untuk Orantua agar Belajar dari Rumah lewat TVRI Berjalan Lancar

Indra banyak menjelaskan tentang pergeseran cara belajar di era digital. Anak-anak yang hidup di era saat ini banyak mendapatkan paparan informasi dari berbagai sumber.

Indra Charismiadji merupakan pengamat, praktisi, dan tokoh pendidikan.

Indra sudah malang melintang di dunia pendidikan termasuk dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan, metode pembelajaran, dan pelatihan untuk pendidik.

Indra kerap mempopulerkan sistem pendidikan berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan pembelajaran Abad 21.

Jika kamu terlewatkan acara bincang-bincang secara kemarin, tenang. Kamu bisa mengunjungi video IGTV di akun Instagram @kompascom . Klik link Begini Cara Mengajar Anak Digital selama WFH untuk menonton kembali acara bincang-bincang bersama Indra Charismiadji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com