Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ebook Minggu Ini, Anti-salah Jurusan hingga Pendidikan ala Finlandia

Kompas.com - 03/05/2020, 10:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Masih dalam momentum memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2020, ada sejumlah buku elektronik terkait pendidikan yang bisa dinikmati di akhir pekan.

Ki Hadjar Dewantara pernah berpesan, “Jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru.”

Pilihan buku-buku ini dapat dijadikan upaya memperkaya makna belajar dari mana saja, termasuk dari rumah. Ditujukan untuk siswa, calon mahasiswa, pengajar maupun orangtua.

Baca juga: E-book Akhir Pekan, Kisah Bertahan di Wuhan hingga Resep Empon-empon

Berikut rekomendasi buku dari Gramedia Digital untuk minggu ini:

1. Sistem Pendidikan Finlandia oleh Ratih D. Adiputri

Ebook Sistem Pendidikan Finlandia oleh Ratih D. Adiputridok. Gramedia Digital Ebook Sistem Pendidikan Finlandia oleh Ratih D. Adiputri

Banyak hal seputar sistem pendidikan Finlandia yang mengundang tanya.

Mulai dari bagaimana negara kecil ini bisa sukses dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment)? Apa benar sekolah tidak memberikan pekerjaan rumah (PR)? Apa betul tidak ada ujian dan nilai rapor di akhir tahun pelajaran? Bagaimana mengukur kemampuan siswa?

Ditulis oleh akademisi yang punya minat terhadap pendidikan sekaligus ibu dua orang anak yang tinggal di Finlandia selama sepuluh tahun, buku ini menjawab semua pertanyaan tersebut.

2. Teach Like Finland oleh Timothy D. Walker

Ebook Teach Like Finland oleh Timothy D. Walkerdok. Gramedia Digital Ebook Teach Like Finland oleh Timothy D. Walker

Finlandia mengejutkan dunia ketika siswa-siswanya yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatkan skor tertinggi di penyelenggaraan pertama PISA.

Baca juga: Beasiswa S1 di Sekolah Tinggi Hukum, dari Biaya Kuliah hingga Hidup

Ketika Timothy D. Walker mulai mengajar kelas 5 di sebuah sekolah negeri di Helsinski, ia mulai mencatat rahasia-rahasia di balik kesuksesan sekolah-sekolah Finlandia.

Walker menuliskan rahasia-rahasia ini, dan artikel-artikelnya di Atlantic kerap menuai tanggapan antusias. Dalam buku ini, ia mengumpulkan semua temuan tersebut, dan menjelaskan pada para pengajar cara untuk mengimplementasikannya.

3. #antisalahjurusan oleh Monic Christian dan Tim Tes Bakat Indonesia

Ebook #antisalahjurusan oleh Monic Christian dan Tim Tes Bakat Indonesiadok. Gramedia Digital Ebook #antisalahjurusan oleh Monic Christian dan Tim Tes Bakat Indonesia

Memilih jurusan kuliah perlu dilakukan dengan aneka pertimbangan. Tujuannya agar kamu bisa menikmati proses belajar dan mengurangi risiko salah memilih jurusan.

Buku ini akan mengajak kamu mencermati kekuatan di masing-masing jurusan, sekaligus mengetahui bagaimana mengenali 3P dalam diri, yaitu Potentials, Passion, dan Personality sebagai modal memilih jurusan yang tepat.

4. Kumpulan Materi dan Rumus Matematika SD/MI Kelas 4, 5, 6 oleh M. Adzka

Ebook Kumpulan Materi dan Rumus Matematika SD/MI Kelas 4, 5, 6 oleh M. Adzkadok. Gramedia Digital Ebook Kumpulan Materi dan Rumus Matematika SD/MI Kelas 4, 5, 6 oleh M. Adzka

Merupakan buku pendamping untuk memudahkan siswa dalam belajar Matematika. Materi Matematika disajikan secara lengkap (sesuai KTSP dan Kurikulum 2013) dengan bahasa yang mudah dipahami.

Buku ini menyajikan rumus matematika secara ringkas, jelas, lengkap, dan mudah dipahami. Contoh soal dan pembahasan juga disajikan berdasarkan bab agar siswa bisa mengetahui tipe soal matematika dan cara menyelesaikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com