Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 29/04/2020, 12:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dana Kemanusiaan Kompas menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap kelima dari pembaca Harian Kompas untuk penanganan Covid-19.

Bantuan diberikan berupa 422 paket bahan pokok disalurkan ke sejumlah lembaga sosial, yaitu

  • Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI),
  • Yayasan Rawinala yang melayani para penyandang disabilitas ganda,
  • Yayasan Istana KSJ Cipanas yang merawat penderita gangguan jiwa, serta
  • Warga Villa Pamulang, Pondok Benda dan Kelurahan Kelapa Dua Kecamatan Kebon Jeruk.

“Penyaluran bantuan DKK tahap kelima ini menarik karena menyasar kelompok-kelompok yang suaranya relatif tidak terdengar di masyarakat, seperti para penyandang disabilitas entah itu tuna rungu, tuna netra, dan lain-lain," ujar Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Rusdi Amral.

Baca juga: Terima Kasih, Bantuan Dana Kemanusiaan Kompas Mulai Disalurkan

Rusi menambahkan, "Bantuan juga ditujukan untuk anak-anak penyandang HIV/AIDS yang daya tahan tubuhnya terganggu akibat Covid-19.”

Bantuan ini diharapkan dapat membantu warga masyarakat yang terdampak langsung Covid-19.

Dana Kemanusiaan Kompas menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap kelima dari pembaca Harian Kompas untuk penanganan Covid-19 (27/4/2020).DOK. DANA KEMANUSIAAN KOMPAS Dana Kemanusiaan Kompas menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap kelima dari pembaca Harian Kompas untuk penanganan Covid-19 (27/4/2020).

DKK juga kembali menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri bagi tenaga medis untuk sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

Sebanyak 1.400 helai baju pelindung medis (hazmat suit) dan 400 boks (20.000 helai) masker medis didistribusikan ke 25 titik di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, hingga Papua.

Bantuan kemanusiaan DKK juga meliputi paket bahan pokok bagi warga masyarakat di wilayah tujuan yang terdampak Covid-19.

“Seluruh bantuan kemanusiaanDKK akan didistribusikan melalui KGXpress yang telah memiliki cabang hingga Papua," jelas Direktur KGXpress Amelia Angelica.

Amelia meyakinkan, "KGXpress akan bekerja maksimal di tengah pandemi Covid-19 dengan mematuhi peraturan transportasi yang diberlakukan selama masa pembatasan sosial berskala besar.” 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com