Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Guru Bernyanyi Secara Online dan Tebarkan Semangat Lawan Corona

Kompas.com - 20/04/2020, 21:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Sudah pelaksanaan belajar dari rumah (Home learning) dijalankan sebagai usaha mengendalikan penyebaran virus corona.

Proses belajar dari rumah tentu tak semudah yang dibayangkan. Guru harus terus memperbaharui semangat mengajar, memperbaharui program secara kreatif, dan menguatkan kolaborasi bersama orang tua.

Usaha inovatif dari para guru terus dilakukan seperti di Sekolah Cikal. Salah satunya yaitu membangkitkan semangat belajar dari rumah melalui konser musik #SekolahLawanCorona.

Kolaborasi Seadanya, Penyemangat Semuanya

Terinspirasi dari kolaborasi musik para musisi tanah air di tengah pandemi corona, guru-guru di Sekolah Cikal mengajak semua pihak bersemangat menjalankan pembelajaran jarak jauh bagi para guru seluruh indonesia, orang tua dan juga murid-murid untuk tetap berdaya meski belajar dari rumah.

“Kami terinspirasi oleh berbagai kolaborasi musik yang sekarang sedang terjadi di sosial media, kami berharap lagu ini jadi sound track komunitas sekolah yaitu guru, murid dan orang-tua, mengingat ini sangat terkait dengan kondisi saat ini, tentunya bisa menjadi semangat bahwa kita bisa lawan corona.” ujar Pima Aditya, selaku pengembang teknologi pembelajaran di Sekolah Cikal dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Kolaborasi musik #SekolahLawanCorona yang dibawakan oleh 12 guru dari Sekolah Cikal ditampilkan secara langsung pada saat diluncurkan di hadapan seluruh komunitas Cikal melalui media Zoom dan dipublikasikan di Youtube.

Pima, selaku sutradara video #SekolahLawanCorona, memaparkan pula bahwa dalam menginisiasi video musik tersebut dua belas guru yang terlibat memegang peranan.

Baca juga: Cerita Guru Sekolah Cikal Terapkan Pembelajaran Daring Penuh Antusias

 

Untuk aransemen musik dan lirik dilakukan oleh Dadi Yudistira, penata gerak oleh Daniel S Pambudi, untuk manajemen suara oleh Aria Negara, dan yang lainnya (Ira Qadariah, Natalie, Rendra Purnama, Kaifa Untsa, Nahlia Rianto, Rini Anggraini, Patricia Catherine Agla, Elia Yovan Chandra) menjadi pengisi suara dalam video musik #SekolahLawanCorona.

Sebagai penggubah lirik, Dadi Yudistira menyatakan bahwa pembuatan video ini merupakan kolaborasi sederhana dengan fasilitas sederhana, tetapi tetap dibarengi dengan niat baik di dalamnya.

“Kolaborasi berjalan dengan baik walau dengan fasilitas seadanya, dengan niat menghibur dikala kondisi pandemik. Semoga dapat menjadi penyemangat dan good vibes bagi kita semua.” ujar Dadi Yudistira, selaku guru Visual Art Sekolah Cikal Cilandak.

Setiap Pihak Berperan Melawan Corona

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com