Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Disiarkan TVRI "Belajar dari Rumah", Ini Jadwalnya

Kompas.com - 12/04/2020, 12:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para siswa, jangan lupa Senin (13/4/2020) besok harus mengikuti tayangan yang ada di TVRI. Tapi kamu harus memperhatikan jadwalnya atau pukul berapa tayangan untuk kamu.

Bagi anak PAUD, maka harus siap pada pukul 08.00 WIB. Hingga siang untuk siswa SMA/SMK. Bahkan ada juga tayangan untuk orangtua dan guru.

Tayangan ini adalah program "Belajar dari Rumah" yang beberapa hari yang lalu diluncuran oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca juga: Ini Alasan Mendikbud Nadiem Hadirkan Belajar dari Rumah lewat TVRI

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, program ini sebagai jawaban bagi siswa yang tidak bisa mengakses pembelajaran daring di tengah kondisi darurat virus corona.

"Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19," ujar Nadiem pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Adapun materi pembelajarannya untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan menengah, juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru.

Tak hanya itu saja, di akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu ada program kebudayaan. "Untuk sementara, program ini direncanakan dimulai pada Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Mendikbud.

Durasi tiga jam tiap hari

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan, jadwal di hari Senin-Jumat digunakan pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan.

Menurut dia, masing-masing ada setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan parenting.

Adapun materi program diambil dari berbagai sumber. Sebagian besar materi sudah diproduksi Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE) maupun produksi dari pihak dicontohkan sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD.

Untuk program kebudayaan juga terdapat durasi tiga jam, antara lain:

  • gelar wicara (talkshow)
  • podcast
  • kesenian
  • magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia

Sedangkan pada malam hari akan ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre seperti film anak, drama, dan dokumenter.

Untuk jadwal acara program Belajar dari Rumah, masyarakat dapat melihat dan mengunduhnya di laman kemdikbud.go.id.

Berikut ini jadwal siaran Belajar dari Rumah di TVRI:

Senin-Jumat

  • 08.00-08.30 WIB: PAUD dan sederajat
  • 08.30-09.00 WIB: SD kelas 1-3 dan sederajat
  • 10.00-10.30 WIB: SD kelas 4-6 dan sederajat
  • 10.30-11.00 WIB: SMP dan sederajat
  • 14.00-14.30 WIB: SMA/SMK dan sederajat
  • 14.30-15.00 WIB: Pengasuhan dan Pendidikan Anak
  • 19.00-23.30 WIB: Film Indonesia Terbaik

Sabtu-Minggu

  • 08.00-23.00 WIB: Tayangan Kebudayaan dan Film Indonesia Terbaik

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mulai Senin Siswa Bisa Belajar dari Rumah lewat TVRI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com