Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2020, 12:10 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bermula dari program Beasiswa 84 di tahun 1995, Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) berupaya membantu para mahasiswa yang mengalami kesulitan di bidang finansial dengan cara memberikan tunjangan bulanan.

KSE yang merupakan organisasi nonprofit memberikan Beasiswa kepada mahasiswa di 30 Perguruan Tinggi Negeri dengan berbagai program beasiswa seperti Reguler, Unggul, Skripsi, Akademi Kewirausahaan, dan Teknologi For Indonesia.

Yayasan KSE percaya bahwa bantuan finansial dapat menurunkan risiko anak putus kuliah, termasuk meningkatkan prestasi akademik di kampus.

Baca juga: Beasiswa S1/S2 University of Bristol, Potongan Uang Kuliah Hingga Rp 367 Juta

Berdasarkan data KSE, sebanyak 85 persen mahasiswa penerima beasiswa berhasil meningkatkan prestasi akademik. Bahkan, sekitar 3 tahun ke belakang, Yayasan KSE memiliki program pembinaan khusus bagi para penerima beasiswa yang memiliki indeks prestasi di bawah 2,00 untuk dapat meningkatkan indeks prestasi minimal menjadi 3,00.

Dengan dukungan Para Donatur dan Alumni KSE, Yayasan KSE berharap dapat memberikan beasiswa kepada 10.000 mahasiswa setiap tahunnya.

Di tahun 2020, Yayasan KSE kembali membuka kesempatan kepada para mahasiswa untuk ikut serta dalam Program Beasiswa Reguler Karya Salemba Empat Tahun Akademik 2020/2021. Pendaftaran dibuka pada 1 April 2020.

Baca juga: Kuliah D3 Gratis Politeknik Milik Kementerian Perindustrian

Cakupan

  • Beasiswa berupa tunjangan pendidikan akan diberikan kepada program studi Strata 1 (S1) yang telah menempuh pendidikan minimal di semester kedua.
  • Para peserta program berkesempatan mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh KSE seperti pembinaan tatap muka, program leadership, seminar, workshop dan coaching.
  • Beasiswa diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup sebesar Rp.750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulannya.
  • Beasiswa diberikan tanpa ikatan kedinasan atau apapun terhadap mahasiswa penerima maupun pihak Kampus.

Persyaratan penerima beasiswa

1. Program Beasiswa diutamakan diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

2. Mahasiswa yang bersangkutan belum menikah.

3. Mahasiswa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari fakultas, universitas, lembaga atau pihak ketiga lain.

Baca juga: Cara Seru Tina Talisa Edukasi Corona dan Pentingnya 14 Hari di Rumah

Pendaftaran

Pembukaan beasiswa tahap registrasi online di jadwalkan dari tanggal 1 - 25 April 2020 (jadwal kampus atau universitas sesuai dengan tanggal registrasi online).

Mahasiswa yang tidak melengkapi data di beasiswa online sampai tanggal 25 April 2020 akan otomatis tidak lolos.

Peserta cukup meng-upload dokumen. Berkas akan diminta, jika pelamar lolos pada tahap seleksi dokumen online.

Info beasiswa, dokumen, kampus yang bekerja sama serta jadwal pendaftaran tiap kampus, dapat dilihat pada tautan https://kse.or.id/info_and_news/information/Pembukaan-Beasiswa-Baru-Tahun-Akademik-2020-2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com