Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Emak-emak di Depok soal Belajar dari Rumah, Sampai Bikin Stres

Kompas.com - 18/03/2020, 12:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Belajar dari rumah imbas dari pencegahan penyebaran virus corona menyisakan masalah tersendiri bagi para orangtua. Dari gagap teknologi, kewalahan membagi waktu di rumah hingga stres menjadi momok bagi ibu.

Maria, ibu dari siswa SD di Depok mengatakan dirinya membimbing anaknya belajar jika tak mengerti mata pelajaran yang sedang dipelajari. Saat belajar dari rumah, anaknya diberikan tugas untuk membaca dan mengerjakan tugas.

Namun, ia merasakan belum mengerti untuk menggunakan teknologi pendidikan seperti Ruang Guru. Maria ingin menggunakan aplikasi Ruang Guru meskipun tak diminta oleh sekolah.

"Aku sih ingin pakai aplikasi Ruang Guru tapi belum tahu banget bagaimana cara pakainya," kata Maria saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Belajar dari Rumah, 5 Tips Penting untuk Orangtua

Pengalaman serupa dirasakan oleh Yani, ibu dari dua siswa SD di Depok. Ia pun sudah mengunduh Ruang Guru tetapi tak mengerti cara mengoperasikannya.

"Iya itu kebanyakan orangtua kurang paham untk mengoperasikan Ruang Guru," ujar Yani.

Yani memiliki dua anak yaitu kelas 1 dan 6. Ia kewalahan untuk mengurus anaknya lantaran anaknya lebih banyak bermain daripada belajar.

"Kadang kesibukan orang tua juga yang gak bisa selalu fokus bimbing anaknya belajar online di rumah," tambah Yani.

Dari sekolahnya, wali kelas memberikan pekerjaan rumah untuk anak didiknya. Yani harus bisa memastikan anaknya mengerjakan tugas yang diberikan oleh sekolahnya.

Ia berharap di tengah situasi libur sekolah karena corona, anak-anak sekolah bisa tetap fokus belajar seperti di sekolah. Baginya, kondisi belajar dari rumah merupakan pekerjaan rumah tambahan bagi para orangtua agar lebih fokus lagi mendampingi anak-anak belajar di rumah.

Sebuah sekolah SD swasta di Depok memiliki strategi untuk pembelajaran siswa dari rumah seperti menggunakan Google Classroom. Sekolah memberikan agenda rutin siswa dan form evaluasi online harian yang harus diisi orangtua.

Baca juga: Nadiem: Mari Kita Selamatkan Nyawa Masyarakat Indonesia dengan Bekerja, Belajar, dan Beribadah dari Rumah

Pertiwi, orangtua murid dari SD swasta tersebut melihat banyak orangtua yang tak mengerti menggunakan Google Classroom. Ia pun berbagi ilmu kepada orangtua lain yang belum mengerti menggunakan Google Classroom.

Pengalaman Pertiwi di tengah kondisi belajar dari rumah pun membuat ia stres. Ia mesti bekerja mengerjakan tugas kantor, mengurus rumah, dan menjadi guru untuk anaknya.

"Ampun deh karena jumpalitan sambil kerja rumah, kerja kantoran, ngerjain tugas sekolah tak bisa fokus. Karena anak tetap harus didampingin pakai laptop kan," kata Pertiwi, yang suaminya sedang bekerja di luar kota.

Ia melihat peran ayah di kondisi saat ini sangat penting. Pertiwi mengatakan rekan sekolahnya yang sesama ibu-ibu merasa kesulitan karena suaminya lepas tangan tak ikut membantu istrinya.

"Ini ada (cerita lain) yang ibunya kerja, padahal bapaknya work from home tapi anaknya dibiarin, tunggu ibu pulang aja. Akhirnya hari ini, anaknya nekat online sendiri. Ibunya mantau dari handphone," ujarnya

Potret pembelajaran dari rumah tersebut bisa akan terus terlihat setidaknya selama kondisi liburnya sekolah. Saat ini, yang dibutuhkan adalah kerjasama antara orangtua, guru, dan siswa. Semua demi kepentingan anak.

---

Dengan pengalaman emak-emak di atas, bagaimana pengalamanmu mendidik anak di tengah situasi corona seperti ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com