Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem: Mari Kita Selamatkan Nyawa Masyarakat Indonesia dengan Bekerja, Belajar, dan Beribadah dari Rumah

Kompas.com - 16/03/2020, 22:13 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengajak masyarakat Indonesia bergotong royong untuk menyelamatkan nyawa masyarakat dengan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah terkait pencegahan penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan dalam video yang ia rekam, Senin (16/3) dari rumahnya dan dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"jadi ingat, setiap kali kita keluar rumah, kita bisa mengancam nyawa orang lain. Marilah kita menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan azas gotong royong. Marilah kita menyelamatkan nyawa masyarakat orang Indonesia dengan bekerja dari, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah," kata Nadiem.

Ia menyebutkan, masih banyak masyarakat yang sebenarnya mampu bekerja dari rumah tetapi masih beraktivitas di luar rumah. Nadiem beralasan, virus corona merupakan virus berbahaya dan yang tak bisa diremehkan lantaran tingkat penyebarannya yang sangat cepat.

"Walaupun kita tak punya gejala-gejala, tapi kita masih saja bisa menjadi carrier dan menularkannya kepada orang-orang dengan kondisi kesehatan yang kurang memadai seperti orang-orang lanjut usia atau punya diabetes, hipertensi dan berbagai kondisi kesehatan lainnya," kata Nadiem.

Ia mengingatkan, setiap kali masyarakat keluar rumah akan mengancam nyawa orang lain. Ia mengajak masyarakat Indonesia menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan azas gotong royong terkait pencegahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Belajar dari Rumah, 5 Tips Penting untuk Orangtua

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19. Salah satu caranya, menurut Jokowi, adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Menurut Jokowi, langkah ini perlu dilakukan agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

"Agar penyebarannya bisa kita hambat dan stop," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meminta semua orang untuk mulai bekerja sama dan saling tolong-menolong agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan baik.

"Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong-menolong dan bersatu padu. Gotong royong, kita ingin ini jadi gerakan masyarakat agar masalah Covid-19 bisa ditangani maksimal," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com