Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo KLB Corona, Bagaimana UN SMK Besok Senin? Ini Penjelasan Kadisdik

Kompas.com - 14/03/2020, 10:45 WIB
Albertus Adit

Penulis


KOMPAS.com - Pasca ditetapkannya Solo sebagai kejadian luar biasa (KLB) karena virus corona atau Covid-19, maka untuk sementara kegiatan belajar mengajar (KBM) diadakan di rumah.

Adapun hal itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020) malam.

Pihaknya meliburkan sekolah jenjang SD dan SMP/sederajat yakni dimulai Senin (16/3/2020) hingga 14 hari ke depan.

Baca juga: SD dan SMP di Solo Diliburkan 14 Hari karena KLB Corona

Info sementara, UN SMK digelar

Saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/3/2020), Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Surakarta Etty Retnowati menjelaskan bahwa meski sekolah libur karena Solo KLB corona, tetapi guru tetap masuk seperti biasa.

Terkait pelaksanaan UN SMK yang diselenggarakan Senin (16/3/2020), informasi awal yakni pelaksanaan UN 2020 masih digelar.

Untuk sementara, pihaknya masih menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Tengah. Jadi, UN SMK juga SMA tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Informasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, untuk sementara UN SMK dan SMA tetap dilaksanakan sesuai jadwal," katanya.

Siswa diimbau tetap tenang

Karenanya, bagi siswa kelas XII SMK dan SMA yang akan mengikuti UN 2020 diharapkan agar tetap tenang namun tetap waspada.

Pihaknya juga mengimbau pada orangtua atau wali murid juga untuk tetap tenang. Sedangkan bagi siswa yang akan UN agar mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Sederhana Cegah Virus Corona di Sekolah dan Rumah

"Kami berharap, siswa tetap tenang dan semoga hasilnya bisa seperti yang diharapkan," harap Etty seraya mengatakan bahwa siswa pakai masker hanya dipakai yang sedang sakit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com