Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Singapore Open 2023: Rinov/Pitha Gagal ke Perempat Final, Ganda Campuran Habis

Kompas.com - 08/06/2023, 18:12 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tak mampu melanjutkan kiprahnya dalam ajang Singapore Open 2023. Langkah mereka dihentikan unggulan kedua dari Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Dalam pertandingan babak 16 besar di Singapore Indoor Stadium, Kamis (8/6/2023), Rinov/Pitha menyerah dalam pertarungan rubber game dengan skor 16-21, 21-17, 12-21.

Hasil ini membuat Indonesia kehilangan peluang meraih gelar dari sektor ganda campuran turnamen BWF World Tour Super 750 ini. Sebab, Rinov/Pitha merupakan satu-satunya ganda campuran Indonesia pada babak 16 besar.

Baca juga: Hasil Singapore Open 2023: Pram/Yere Tersingkir, Kalah dari Wakil Malaysia

Pada perempat final, Jumat (9/6), Yuta/Arisa bertemu pemenang duel antara wakil China yang merupakan unggulan keenam, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, dengan pasangan Taiwan, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin.

Ulasan pertandingan

Yuta/Arisa tampil sangat dominan pada gim pertama. Sejak awal laga mereka terus berada di depan dalam pengumpulan poin.

Meski demikian, Rinov/Pitha, yang kalah 0-4 dalam rekor pertemuan dengan pasangan Jepang ini, memberikan perlawanan sengit. Terbukti, Rinov/Pitha bisa menyamakan skor 8-8 setelah sempat tertinggal 4-8.

Namun pasangan Indonesia ini tak pernah bisa membalikkan situasi. Pencapaian terbaiknya hanya menyamakan skor hingga Yuta/Arisa menyudahi gim pertama dengan kemenangan 21-16.

Rinov/Pitha bermain lebih apik pada gim kedua sehingga mereka bisa merebut empat poin pertama untuk unggul 4-0. Yuta/Arisa bisa mendekat dan bahkan sempat membalikkan skor menjadi 6-5.

Baca juga: Singapore Open 2023: Marcus/Kevin Akui Kalah Kecepatan dan Power, Usia Juga Berpengaruh

Namun Rinov/Pitha, pemilik ranking 16 dunia, kembali mengejar dan memimpin 8-7, membuat pertarungan berlangsung ketat. Yuta/Arisa justru unggul 11-10 saat interval.

Setelah jeda, Rinov/Pitha meraup lima poin sehingga berbalik memimpin 15-11. Mereka mampu mempertahankan momentum ini sehingga memenangi gim kedua dengan skor21-17 sekaligus memaksa rubber game.

Awal gim ketiga, Yuta/Arisa tancap gas. Pasangan ranking 3 dunia ini memimpin 2-0, lalu 5-2. Rinov/Pitha bisa mengejar dan menyamakannya dalam skor 6-6 dan 7-7.

Namun setelah itu, Yuta/Arisa meraih empat angka yang membuat mereka unggul 11-7 saat interval. Setelah berpindah tempat, Yuta/Arisa kembali mendulang satu poin yang membuat skor menjadi 12-7.

Yuta/Arisa yang sudah berada di atas angin tak terbendung lagi. Upaya keras Rinov/Pitha tak mampu menahan laju Yuta/Arisa yang meraih tiket perempat final setelah menang 21-12.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com