Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuad Resmi Indonesia di Piala Sudirman 2023, Ada Marcus/Kevin dan Dejan/Gloria

Kompas.com - 30/04/2023, 16:26 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PBSI resmi mengumumkan skuad Indonesia yang akan bertanding di Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China, pada 14-21 Mei 2023. 

Indonesia baru satu kali meraih gelar juara Piala Sudirman, yakni pada edisi pertama di Jakarta tahun 1989. 

Demi mengakhiri penantian 34 tahun, PBSI pun menurunkan pebulu tangkis terbaik Indonesia termasuk Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. 

Marcus/Kevin sudah lama menepi dari arena pertandingan. Terakhir kali ganda putra berjuluk The Minions itu beraksi yaitu di Indonesia Masters 2023 bulan Januari lalu. 

Baca juga: Hasil Drawing Piala Sudirman 2023: Indonesia dan Thailand Satu Grup

Mereka retired atau mundur pada babak 16 besar Indonesia Masters lantaran Marcus mengalami cedera otot perut. Minions lalu direncanakan tampil di All England pada Maret lalu. 

Akan tetapi, mereka ditarik mundur sebab Kevin belum pulih 100 persen setelah terkena demam berdarah. 

"Dengan diperkuat para pemain terbaik di masing-masing sektor, kami optimistis tim bulu tangkis Indonesia mampu berbicara banyak dan memboyong Piala Sudirman yang sudah begitu lama kita nantikan bersama," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.  

"Kami bertekad ingin juara dan memboyong kembali Piala Sudirman yang pertama kali dan terakhir direbut Indonesia pada tahun 1989. Oleh karena itu, kami harus datang ke China dengan kekuatan terbaik dan terkuat yang kita miliki," ujar Rionny. 

Baca juga: Piala Sudirman 2023, Target Indonesia Akhiri Puasa Trofi 34 Tahun

Selain itu, PBSI juga memanggil ganda campuran non-pelatnas, yaitu Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

PBSI menilai performa Dejan/Gloria yang menjanjikan belakangan ini membuat ganda campuran PB Djarum itu layak memperkuat Indonesia di Piala Sudirman 2023

"Ini karena membawa nama Indonesia. Siapa pun pemain yang memiliki performa terbaik, layak masuk tim," ucap Rionny dalam keterangan PBSI yang diterima Kompas.com.

"Meskipun Dejan/Gloria tidak dibina di Pelatnas Cipayung, melihat prestasi dan performanya selama ini, mereka sangat layak kita panggil dan masuk untuk memperkuat tim Indonesia di Piala Sudirman 2023," ujar Rionny. 

Baca juga: SEA Games 2023: Indonesia Pasang Target 3 Emas Bulu Tangkis

Nama-nama lain yang memperkuat tim Indonesia ke Piala Sudirman adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di sektor tunggal putra.

Untuk tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Indonesia akan mengandalkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di nomor ganda putra. 

Sementara di ganda putri, diperkuat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com