Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Juara, Fajar/Rian Bidik Peringkat 3 Besar pada Akhir Tahun

Kompas.com - 14/09/2022, 17:48 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardiatono menargetkan tembus tiga besar peringkat BWF pada akhir tahun 2022. 

Hal tersebut disampaikan Fajar Alfian saat ditemui wartawan termasuk Kompas.com di Pelatnas PBSI Cipayung, Rabu (14/9/2022). 

Fajar/Rian tampil konsisten sepanjang tahun ini. Mereka melaju ke tujuh final dengan pencapaian tiga gelar juara dan empat runner up.

Meski demikian, serangkaian hasil impresif itu belum berhasil mendongkrak posisi Fajar/Rian di peringkat BWF. Mereka tertahan di peringkat keenam dunia. 

Baca juga: Fajar/Rian Usai Hasil Minor di Kejuaraan Dunia-Japan Open 2022: Ini Bukan Sebuah Alasan, tapi Kami Merasakan...

Fajar/Rian pun menargetkan tembus tiga besar ranking BWF pada akhir tahun 2022.

"Bicara podium tertinggi, pasti semua ingin juara. Namun, kami punya target menembus dua besar, minimal tiga besar pada akhir tahun," kata Fajar. 

Menurut Fajar, posisi tiga besar akan menambah kepercayaan dirinya dan Rian saat bertanding.

"Kalau kami di dua besar, dari draw (undian) memungkinkan kami lebih enak dan tidak bertemu unggulan lainnya pada babak-babak awal," kata dia. 

Baca juga: Fajar/Rian Gugur di Japan Open: Kecewa, Persiapan Lama tapi Hasil Tak Maksimal...

"Jadi, kalau bisa ya unggulan pertama, unggulan kedua, seeded tiga tidak apa-apa sebenarnya. Hanya saja, kalau punya ranking tinggi menambah kepercayaan diri," ucap Fajar. 

Selanjutnya, Fajar/Rian dijadwalkan bertanding di turnamen Eropa, yakni Denmark Open (18-23 Oktober 2022), France Open (25-30 Oktober 2022), dan Hylo Open (1-6 November 2022). 

Fajar bertekad meraih hasil terbaik di Eropa khususnya di Denmark dan Perancis yang merupakan turnamen level BWF Super 750. 

"Di Denmark, Paris, di tur Eropa, kami juga harus cepat beradaptasi karena cuaca berpengaruh. Pola makannya beda, kami harus benar-benar membiasakan dari segi non teknisnya," tutur Fajar. 

"Dari segi teknisnya, kami harus benar-benar lebih siap dalam waktu satu bulan ini. Level pertandingannya juga lumayan besar Super 750, saya ingin hasil terbaik di sana," ucap dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com