Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Chong Wei Akui Ada Tawaran dari Sejumlah Negara Asia tapi...

Kompas.com - 10/04/2022, 20:20 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengakui belum berminat menjadi pelatih dalam waktu dekat.

Pernyataan itu meluncur sebagai jawaban atas pernyataannya bahwa ada sejumlah negara di Asia yang ingin menggaetnya sebagai pelatih.

"Memang benar saya menerima banyak tawaran, tetapi saat ini saya tidak punya niat menjadi pelatih, setidaknya dalam momen ini. Saya akan tetap di Malaysia bersama keluargaku, menikmati makananya lezat Ramadhan dan menantikan open house," ujar Chong Wei melalui media sosial.

Baca juga: Respons Lee Chong Wei Saat Tahu Lee Zii Jia dan BAM Berdamai

Sebelumnya, Chong Wei mengaku ada sejumlah tawaran yang datang kepadanya. Mantan pemain nomor satu dunia tersebut diminta menjadi pelatih di Asia.

"Saya hanya bisa mengatakan bahwa beberapa negara Asia ingin saya menjadi pelatih nasional," ujar Chong Wei kepada News Straits Times.

Namun dia belum tertarik meskipun diakuinya, bulu tangkis selalu ada di hatinya.

"Bulu tangkis selalu mengalir dalam darahku. Pada titik ini, saya belum membuat keputusan. Tetapi siapa tahu?" ungkapnya.

"Saat ini, keluargaku menjadi prioritas utama. Saya fokus pada bisnisku sejak pensiun dan tak ingin buru-buru melihat yang lain. Saya bahagia dengan gaya hidupku sekarang."

Sementara itu mantan pelatih Chong Wei, Misbun Sidek, menyambut positif kemungkinan bekas anak didiknya itu menjadi pelatih. Dia mengakui, Chong Wei memiliki kemampuan.

"Chong Wei pemain hebat dan memiliki analisis permainan yang bagus. Saya melihat dia bisa memainkan peranan sebagai penasehat atau sebagai analisis," ujarnya.

Baca juga: Lee Zii Jia Akui Tertekan Dibandingkan dengan Lee Chong Wei

Sepanjang kariernya, Chong Wei membuat rekor sebagai pemain dengan status nomor satu dunia terlama. Dia menduduki posisi tersebut selama 349 pekan.

Total, Chong Wei merengkuh 69 gelar, 47 di antaranya merupakan BWF World Superseries. Meski demikian, status raja bulu tangkis yang disandangnya belum sempurna karena Chong Wei tak pernah meraih emas Olimpiade.

Dalam tiga  kesempatan tampil di final Olimpiade, Chong Wei selalu gagal jadi juara. Dia takluk dari rival abadinya, Lin Dan, dalam final Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012, kemudian kalah dari Chen Long dalam Olimpiade Rio 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com