Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Akhiri Dominasi Indonesia di Asia, Malaysia Ingin Rebut Trofi Piala Thomas

Kompas.com - 21/02/2022, 20:30 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim bulu tangkis putra Malaysia mengakhiri dominasi Indonesia dalam ajang Badminton Asia Team Championships atau Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Keberhasilan tersebut meningkatkan semangat tim putra Malaysia dalam menatap turnamen beregu Piala Thomas yang kali terakhir dijuarai oleh Indonesia.

Tim bulu tangkis putra Malaysia menjadi kampiun Kejuaraan Beregu Asia 2022 setelah memenangi partai puncak kontra Indonesia.

Final kejuaraan Beregu Asia 2022 antara tim putra Malaysia dan Indonesia itu berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, pada Minggu (20/2/2022).

Baca juga: Hasil Final Kejuaraan Beregu Asia: Ikhsan Rumbay Kalah, Malaysia Kunci Gelar Juara

Tim putra Malaysia mengakhiri laga tersebut dengan skor 3-0 berkat kemenangan yang diraih Lee Zii Jia, Ng Tze Yong, dan pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Lee Zii Jia menjadi penyumbang poin pertama untuk Malaysia setelah dirinya menang lewat rubber game atas tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Keberhasilan Lee Zii Jia kemudian diikuti oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang memetik kemenangan atas pasangan muda potensial milik Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Lalu, Ng Yze Yong yang tampil pada partai ketiga, memastikan kemenangan Malaysia seusai menang dua gim langsung atas Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.

Baca juga: Rekap Hasil Final Kejuaraan Beregu Asia: Tim Putra Kalah dari Malaysia, Indonesia Gagal Kawinkan Gelar Juara

Kemenangan atas Indonesia membuat tim putra Malaysia mengukir prestasi baru dalam sejarah pergelaran Kejuaraan Beregu Asia.

Mereka juga mengakhiri dominasi tim putra Indonesia yang sebelumnya berhasil menjadi juara dalam tiga edisi beruntun.

Tim putra Indonesia merengkuh tiga gelar berutun itu pada Kejuaraan Beregu Asia edisi 2016, 2018, dan 2020.

Setelah mengakhiri dominasi Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia, tim putra Malaysia mulai menunjukkan ambisi untuk meraih keberhaslan serupa pada Piala Thomas 2022.

Tim putra Malaysia ingin merengkuh trofi Piala Thomas, yang berarti merebutnya dari genggaman Indonesia.

Baca juga: Final Kejuaraan Beregu Asia: Tim Putri Indonesia Ukir Sejarah, Skuad Putra Kalah Terhormat

Ambisi tersebut diungkapkan oleh Ng Tze Yong yang menjadi penentu kemenangan Malaysia pada final Kejuaraan Beregu Asia 2022 kontra Indonesia.

"Tim kami memiliki keyakinan. Kami menunjukkan peningkatan dan semangat juang yang tinggi, dan kami akan berjuang untuk Piala Thomas," kata Ng Tze Yong, dikutip dari Berita Harian Malaysia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com