Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Putri KW Usai Pastikan Revans dan Bantu Indonesia Juara di Kejuaraan Beregu Asia

Kompas.com - 20/02/2022, 12:52 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Putri KW berhasil memastikan revans atas Lee Se Yeon dan menyumbang poin yang membantu tim putri Indonesia menjuarai Kejuaraan Beregu Asia 2022

Tim Putri Indonesia memastikan diri menjadi juara Badminton Asia Team Championships (BATC) alias Kejuaraan Beregu Asia 2022 usai mengalahkan Korea Selatan 3-1 pada laga final yang mentas di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia , Minggu (20/2/2022). 

Poin kemenangan Indonesia disumbangkan oleh Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan ganda putri Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari yang bermain di gim keempat. 

Satu-satunya poin Korea Selatan didapatkan oleh ganda putri Baek Ha-na/Seong Seung-yeon yang mengalahkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi pada partai kedua.

Tumbangnya Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi sempat membuat kedudukan seimbang 1-1.

Baca juga: Hasil Final Kejuaraan Beregu Asia 2022: Nita/Lanny Menang, Tim Putri Indonesia Juara!

Karena itu, kemenangan Putri KW atas Lee Se Yeon melalui straight game 21-10 dan 21-18 bermakna krusial dalam jalan Indonesia meraih trofi juara.

Selain kembali membuat Indonesia kembali unggul, Putri KW juga memastikan revans atas Lee Se Yeon, lawan yang sempat mengalahkannya di babak grup.

“Senang sekali saya bisa membalas kekalahan dari Lee di pertandingan penyisihan grup sebelumnya dan menyumbangkan poin untuk Indonesia,” kata Putri KW mengomentari kemenangannya.

Usai menang di gim pertama dengan 21-10. Permainan Putri KW terjaga di gim kedua dengan terus mempin perolehan angka.

Ketika kedudukan 12-8, Putri mengelap lapangan yang basah karena keringat. Aksinya itu malah dianggap memperlambat permainan dan angka untuk lawan jadi 12-9.

Konsentrasi Putri pun sempat terganggu. Pola permainannya sedikit buyar yang berujung kepada banyaknya kesalahan sendiri. Putri KW sempat tersusul hingga 12-12.

Baca juga: Hasil Final Kejuaraan Beregu Asia: Sukses Revans, Putri KW Bawa Indonesia Unggul 2-1

“Saya sempat kehilangan konsentrasi setelah diberi peringatan umpire dan poin untuk lawan karena dianggap memperlambat permainan. Tetapi setelah itu, saya fokus untuk kembali menambah angka,” kata Putri KW dalam rilis dari PP PBSI.

“Kemenangan saya ini biar bisa menjadi penambah semangat teman-teman. Terima kasih untuk suporter Indonesia yang datang di stadion dan teman-teman yang terus mendukung saya berjuang di lapangan,” ucap Putri lagi.

Harapan Putri KW menjadi kenyataan karena Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari yang bermain setelahnya bisa memastikan gelar juara Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2022 dengan menekuk Kim Min-ji/Min Jeong-park 23-21 dan 21-11. 

Sejarah pun tercipta. Ini adalah kali pertama tim putri Indonesia menjuarai Kejuaraan Beregu Asia 2022. Sebelumnya, langkah terbaik Srikandi Merah Putih adalah mencapai babak semifinal pada edisi 2018. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com