Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masters 2021, Tunjukkan Indonesia Mampu Tuan Rumah Saat Pandemi!

Kompas.com - 16/11/2021, 04:55 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Laporan Langsung Jurnalis Kompas.com Farahdilla Puspa dari Nusa Dua Bali

KOMPAS.com - Indonesia Masters 2021 menjadi turnamen internasional pertama yang diselenggarakan di Indonesia di tengah pandemi virus corona

Turnamen BWF World Tour Super 750 tersebut akan berlangsung di Bali International Convention Centre mulai Selasa (16/11/2021) hingga Minggu (21/11/2021). 

Pandemi virus corona memang membuat jadwal pertandingan seluruh cabang olahraga (cabor) berantakan, tak terkecuali bulu tangkis. 

Di Tanah Air, Indonesia Masters pada Januari 2020 menjadi turnamen internasional terakhir yang digelar. 

Baca juga: Jadwal Indonesia Masters 2021, Hari Pertama Sajikan Duel Merah Putih

Setelah 22 bulan berlalu, turnamen yang sama kembali hadir meski dengan nuansa berbeda. 

Menjadi turnamen internasional pertama di Indonesia selama pandemi, Indonesia Masters 2021 berlangsung di dalam area bubble atau gelembung. 

Sebanyak 256 atlet yang akan bertanding, ofisial, media, hingga panitia pelaksana dikarantina di Westin Resort, Nusa Dua, Badung, Bali, sejak Kamis (11/11/2021). 

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satugas Tugas (Satgas) Covid-19 nasional, Sonny Harry B Harmadi, menegaskan bahwa pihaknya dan PBSI menerapkan sistem gelembung penuh. 

Artinya, seluruh perangkat pertandingan tersebut dilarang keras meninggalkan area resort dan berinteraksi dengan pihak luar untuk mencegah munculnya kasus Covid-19. 

Baca juga: Alasan Ginting Hadiri Podcast Antonsen Jelang Indonesia Masters 2021

"Ini sistem bubble penuh yang pertama kali dicoba di sini. Ini jauh lebih ketat karena melibatkan pelaku perjalanan internasional. Kami menghindari kasus impor Covid-19," tutur Sonny dalam konferensi pers di Bali International Convention Centre, Sabtu (13/11/2021). 

Selain itu, semua pihak yang terlibat dalam Indonesia Badminton Festival menjalani tes PCR sebanyak enam kali untuk memastikan terbebas dari Covid-19.  

Tak hanya PCR, para atlet juga diwajibkan menjalani tes antigen sebelum memasuki venue pertandingan.

"Tes PCR dilakukan berkali-kali. Dari mulai mereka datang di Jakarta harus memastikan negatif sebelum terbang ke Bali. Lalu, di Bali langsung dikarantina di Westin Resort," kata Sonny.  

"Tanggal 12 dan 15 November dites PCR. Mereka juga dites PCR lagi pada H-1 Indonesia Masters, tanggal 22 November sebelum Indonesia Open, dan 30 November sebelum BWF World Tour Finals," tuturnya. 

Acara welcoming party Indonesia Badminton Festival di Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/11/2021).KOMPAS.com/FARAHDILLA PUSPA Acara welcoming party Indonesia Badminton Festival di Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/11/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com