Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcus/Kevin soal Olimpiade Tokyo: Semua 50:50, Tak Tahu Kekuatan Masing-masing

Kompas.com - 29/06/2021, 19:20 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber PBSI

KOMPAS.com - Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo buka suara soal persaingan pada ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Marcus/Kevin menjadi salah satu wakil Indonesia pada ajang multicabang Olimpiade Tokyo 2020 yang rencananya akan berlangsung pada akhir Juli hingga awal Agustus 2021.

Mengenai persaingan, Marcus/Kevin mengaku tidak tahu kekuatan lawan, mengingat banyak terhentinya turnamen terkait pandemi virus corona.

"Peta kekuatan sekarang kami tidak tahu. Kami sudah lama tidak ada pertandingan, terus tidak tahu lawan berkembang seperti apa," kata Kevin dikutip dari siaran pers PBSI, Selasa (29/6/2021).

"Jadi, sebenarnya semua 50:50, sama-sama tidak tahu kekuatan masing-masing," tutur Kevin.

Baca juga: Kata Marcus/Kevin soal Target Tinggi di Olimpiade Tokyo 2020

Adapun Marcus mengakui bahwa persaingan dengan lawan akan merata.

Selain itu, menurut Marcus, bermain di tengah pandemi virus corona juga menjadi tantangan sendiri.

"Semua lawan sama ya, merata, bakal ramai. Olimpiade juga tekanannya berat. Terus ada situasi pandemi Covid seperti ini kan jadinya banyak mengganggu pikiran," ucap Marcus.

"Turnamennya besar dan kami harus menjaga biar tidak kena (Covid-19). Kami juga tidak tahu kena atau enggaknya. Ya, harus banyak berdoa biar dikasih keberuntungan," katanya.

Namun, tidak adanya pertandingan yang kompetitif sebagai ajang uji coba bukan berarti membuat Marcus/Kevin jadi pesimistis.

Mereka yakin menjalani latihan di pelatnas saja sudah cukup menjadi bekal untuk menghadapi Olimpiade.

Baca juga: Daftar Pebulu Tangkis Indonesia yang Debut di Olimpiade Tokyo 2020

"Ya harus siap. Ada pertandingan sebelumnya atau tidak sama sajalah. Kami juga di sini latihan sudah seperti pertandingan. Lawannya seimbang dan bagus-bagus, kelasnya top level dunia," kata Marcus yang akrab disapa Sinyo.

"Persiapan cukup baik, sudah 80 persenlah menurut saya. Sekarang kami sudah mulai masuk ke latihan pola permainan karena sudah dekat ke jadwal berangkat," ucapnya.

"Masih harus ada peningkatan ke fokus dan lebih siap ke semua sisinya," kata Kevin.

Olimpiade Tokyo 2020 akan dihelat pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Tim bulu tangkis Indonesia akan bertolak lebih awal ke Jepang untuk proses aklimatisasi, tepatnya pada tanggal 8-18 Juli di Prefektur Kumamoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PBSI
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com