Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Prestasi, Ini Alasan Marcus/Kevin Disebut Ganda Putra Terlengkap di Dunia

Kompas.com - 23/02/2021, 12:40 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BWF

KOMPAS.com - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memasukkan Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo ke dalam daftar ganda putra paling berpengaruh di dunia dalam satu dekade terakhir.

Marcus/Kevin masuk dalam daftar tersebut bersama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia), Cai Yun/Fu Haifeng (China), dan Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark).

Faktor pertama yang membuat Marcus/Kevin terpilih menjadi salah satu ganda putra paling berpengaruh di dunia dalam satu dekade terakhir adalah prestasi.

Sejak dipasangkan pada 2015, Marcus/Kevin sejauh ini tercatat sudah meraih total 30 gelar juara, termasuk dua kali All England Open dan medali emas Asian Games 2018.

Baca juga: Daftar Pemain Indonesia di Malaysia Open, Kekuatan Terbaik Termasuk Marcus/Kevin

Berbagai prestasi itu membuat Marcus/Kevin menyandang status ganda putra nomor satu dunia sejak 2017 dan bertahan hingga saat ini.

Namun, prestasi bukan menjadi satu-satunya faktor yang membuat Marcus/Kevin dinobatkan sebagai salah satu ganda putra paling berpengaruh di dunia dalam satu dekade terakhir.

Faktor lainnya adalah Marcus/Kevin dianggap berhasil meningkatkan level persaingan ganda putra dunia.

Hal itu diungkapkan pemain ganda putra Denmark, Kim Astrup. Secara khusus, Kim Astrup memuji kemampuan Kevin Sanjaya Sukamuljo di depan net.

"Menurut saya, Marcus/Kevin berhasil membuat level permainan ganda putra dunia meningkat. Kevin adalah pemain yang cepat dengan teknik tinggi," kata Kim Astrup.

"Kevin Sanjaya Sukamuljo adalah satu pemain terbaik ganda putra yang pernah ada. Dia juga memiliki mental bertanding yang luar biasa," tutur Kim Astrup.

"Di sisi lain, Marcus yang bermain di belakang selalu bekerja keras. Dia selalu menunjukkan rasa lapar, seperti ingin memenangi semua pertarungan," ujar Kim Astrup menambahkan.

Baca juga: Kata Marcus/Kevin soal Kegagalan 3 Kali Jadi Juara Dunia: Pasti Ada Rezekinya...

Hal berbeda diungkapkan oleh pengamat dan komentator bulu tangkis senior, Gill Clark.

Menurut Gill Clark, ada satu faktor yang membedakan Marcus/Kevin dengan ganda putra lainnya.

Faktor itu adalah Marcus/Kevin berhasil membuat pertandingan bulu tangkis menjadi sebuah tontonan yang menghibur karena aksi mereka di lapangan.

"Marcus/Kevin adalah ganda putra dengan permainan paling menarik dan paling dinamis yang pernah ada di dunia," kata Gill Clark.

Halaman:
Sumber BWF
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com