Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara Thailand Open, Greysia/Apriyani Puncaki Peringkat Race to World Tour Final

Kompas.com - 18/01/2021, 15:40 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, memuncaki daftar peringkat race to BWF World Tour Finals 2020 usai juara di Thailand Open 2021 jilid pertama.

Greysia/Apriyani juga sudah memastikan diri sebagai peserta BWF World Tour Finals 2020 pada akhir Januari nanti di Thailand pada 15 Januari 2021 lalu.

Terkini, mereka berhasil menjadi pemuncak dalam daftar peringkat race to BWF World Tour Finals (WTF) 2020.

Namun, posisi tersebut bisa saja berubah mengingat masih ada satu turnamen jelang WTF 2020, yakni Thailand Open 2021 jilid kedua.

Thailand Open II 2021 yang akan berlangsung mulai Selasa (19/1/2021) bakal menjadi ladang penentuan bagi para atlet untuk merebut satu tempat di BWF World Tour Finals.

Baca juga: Juara Thailand Open di Tengah Duka, Penampilan Hebat Greysia Polii Dipuji BWF

Indonesia sendiri masih berpeluang untuk menempatkan satu wakil pada setiap sektor pada BWF World Tour Finals 2020.

Keputusan BWF untuk mengubah syarat lolos ke BWF World Tour Finals 2020 memperpanjang asa para pebulu tangkis Tanah Air untuk memperjuangkan tempat mereka.

Sebagai informasi, BWF sebelumnya memberi syarat keikusertaan pemain pada Denmark Open 2020 untuk bisa tampil pada BWF World Tour Finals.

Untungnya, aturan tersebut diubah dengan menjadikan partisipasi pada Thailand Open I 2021 dan Thailand Open II 2021 sebagai jalur masuk satu-satunya menuju World Tour Finals.

Baca juga: Thailand Open 2021 - BWF Konfirmasi 4 Pemain Positif Covid-19, 2 dari India

Melansir BolaSport, para pebulu tangkis Indonesia tetap harus bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan dari rival negara lain karena absen pada rangkaian turnamen terakhir di Eropa.

Hanya segelintir pemain Indonesia yang tertolong karena torehan gelar sepanjang musim 2020 ataupun konsistensi untuk mencapai fase tertentu dari turnamen yang diikuti.

Greysia Apriyani/Apriyani Rahayu misalnya, posisi mereka terbantu oleh tiga gelar yang sudah mereka raih sepanjang musim 2020.

Kesuksesan menjuarai Thailand Open I semakin mendongkrak posisi Greysia/Apriyani. Mereka kini menjadi pasangan ganda putri nomor satu pada peringkat World Tour.

Baca juga: Kisah Perjuangan Greysia Polii di Thailand Open 2021, Duka di Balik Bahagia Sang Juara...

Hal serupa juga dialami pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, yang memiliki tabungan poin besar berkat gelar juara di All England Open 2020.

Pencapaian lolos hingga final pada Thailand Open I membuat peringkat Praveen/Melati kini naik ke posisi empat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com